Ulasan Artikel
”Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi"
”Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi"
Artikel yang berjudul”Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi” ini memiliki beberapa kesalahan di dalam penulisan maupun struktur penulisannya. Kesalahan tersebut dapat dilihat dari beberapa sudut, dari mulai isi dari abstrak, pendahuluan, telaah pustaka atau tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan yang terakhir adalah daftar pustaka. Permulaan artikel, seharusnya nama penulis harusnya dicantumkan terlebih dahulu, mengingat ini adalah sebuah naskah/artikel yang akan dibaca oleh khalayak ramai. Bagian abstrak, lebih baik kalimat awalnya jangan langsung membahas tentang tujuan dari penulisan atau penelitian, sebaiknya mempunyai kalimat pendahuluan sesuai dengan topik pembahasan. Tujuan penelitian pada abstrak ini biasanya tidak ditulis atau dijelaskan dengan menggunakan penomoran, tetapi biasanya langsung ditulis seperti biasa. Contoh, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dan Alfamart di perumahan pesona anggrek bekasi dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang membedakan kepuasan konsumen Indomaret dan Alfamart di perumahan pesona anggrek bekasi. Pada pendahuluan seharusnya diterangkan secara singkat, padat dan jelas. Tidak perlu berbelit-belit tetapi langsung pada intinya. Membuat latar belakang,dasar-dasar dan prinsipnya. Pendahuluan artikel ini, terlalu banyak membuat isi yang apabila tidak disertakan sebagai pendahuluan tidak mengurangi isi dari pendahuluan itu sendiri. Contohnya pada paragraf ketiga yang mencantumkan lima dimensi yang dirancang untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada perbedaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dirasakan oleh konsumen, saya rasa apabila tidak dicantumkan akan lebih baik supaya tidak terlalu banyak pembahasan pada pendahuluan ini. Dan juga pada kerangka pemikiran yang harusnya dijelaskan poin-poin yang lebih singkat, agar dapat diketahui pokok-pokok pembahasannya.
Pembahasan dari pendahuluan ini Juga ternyata mencantumkan isi dari Landasan teori, seharusnya keduanya harus dipisah dan tidak boleh digabungkan. Landasan teori yang terdapat pada pendahuluan tersebut terdapat pada paragraf ketiga, yang tadi sudah dijelaskan bahwa hal itu tidak perlu dibahas pada pendahuluan tetapi harusnya dibahas pada landasan teori. Penulisan pada Landasan teori juga harus berdasarkan ketentuan. Misalnya menyertakan sumber teori itu dan juga menuliskan sekaligus menjelaskan teori yang digunakan. Telaah pustaka ini membahas tentang teori yang mendukung dan berhubungan langsung dengan penelitian, tetapi bukan mengacu pada pembahasan dari landasan tori ataupun metode penelitiannya. Tetapi lebih pada hasil penelitiannya. Tinjauan atau telaah pustaka pada artikel ini telah memuat teori penting untuk metode penelitian ini. Dari kalimat awal dan paragraf awal telah mencantumkan sumbernya berikut teori yang mendukung. Meskipun masih telalu banyak menyertakan kalimat yang seharusnya tidak perlu dibahas. Metode penelitiannya telah memiliki prosedur dan tekhnik penelitian. Dengan menggunakan penelitian yang dilakukan langsung di lapangan tempat penelitian. Pada kalimat awal yang menjelaskan metode pengumpulan dan pengukuran data misalnya, penulis melakukanpenelitian dan menyertakan hasil dari penelitian tersebut. Dia juga menggunakan beberapa metode yang berbeda, sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi menurut saya, metode yang digunakan masih terlalu sedikit, karena hanya membuat dua metode saja, sehingga mash sulit dibandingkan.
Pembahasan yang terdapat pada Hasil Penelitian dan Pembahasan ini menurut saya masih belum sempurna. Dari kaidah penulisan yang seharusnya dicantumkan pada artikel ini. Karena pada artikel ini cara penjelasannya dicampur, tidak dijelaskan dengan menggunakan media tabel atau diagram yang memudahkan pembaca dalam mencerna isi dari artikel ini. Misalnya pada paragraf kedua, ketiga, keempat, sampai dengan paragraf terakhir itu dijelaskan dan ditulis dengan bentuk prosentase dan menggunakan media tabel. Bentuk analisi dan hasilnya ini yang memerlukan perhatian khusus supaya menghindari dari bentuk kesalahan. Tetapi isi pada pembahasan ini sudah cukup banyak. Menurut saya yang paling penting itu adalah pada topik ini karena merupakan inti dari penulisan artikel ini adalah hasil dari penelitiannya beserta dengan pembahasannya. Selanjutnya adalah bagian kesimpulan dan saran. Bagian ini saya rasa sudah benar karena kesimpulannya menjelaskan hasil dari penelitian secar ringkas yaitu, Adanya perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart pada dimensi keresponsifan, assurance, emphaty, tangible sedang pada dimensi kehandalan tidak ditemukan perbedaan yang segnifikan karena kedua Minimarket ini memiliki fasilitas yang hampir sama setelah diadakan penelitian dan faktor-faktor yang membedakan kepuasan konsumen minimarket Indomaret dengan alfamart adalah sebagai berikut: Fasilitas yang dimiliki di dalam memberikan pelayanan, penentuan lokasi dan pelayanan yang diberikan. Saran pun saya rasa cukup jelas karena telah mencantumkan kekurangan atas hasil penelitian. Bagian dari daftar pustaka ini saya rasa sudah tepat mengingat ini adlah sebuah artikel, maka yang didahilukan adalah nama terakhir penulis tersebut, tanggal, bulan, dan tahun, lalu judulnya, dan yang terkhir adalah kota. Saya rasa cukup sekian ulasan artikel ini menurut saya, apabila ada yang salah dari pendapat saya mohon dimaklumi.
Pembahasan dari pendahuluan ini Juga ternyata mencantumkan isi dari Landasan teori, seharusnya keduanya harus dipisah dan tidak boleh digabungkan. Landasan teori yang terdapat pada pendahuluan tersebut terdapat pada paragraf ketiga, yang tadi sudah dijelaskan bahwa hal itu tidak perlu dibahas pada pendahuluan tetapi harusnya dibahas pada landasan teori. Penulisan pada Landasan teori juga harus berdasarkan ketentuan. Misalnya menyertakan sumber teori itu dan juga menuliskan sekaligus menjelaskan teori yang digunakan. Telaah pustaka ini membahas tentang teori yang mendukung dan berhubungan langsung dengan penelitian, tetapi bukan mengacu pada pembahasan dari landasan tori ataupun metode penelitiannya. Tetapi lebih pada hasil penelitiannya. Tinjauan atau telaah pustaka pada artikel ini telah memuat teori penting untuk metode penelitian ini. Dari kalimat awal dan paragraf awal telah mencantumkan sumbernya berikut teori yang mendukung. Meskipun masih telalu banyak menyertakan kalimat yang seharusnya tidak perlu dibahas. Metode penelitiannya telah memiliki prosedur dan tekhnik penelitian. Dengan menggunakan penelitian yang dilakukan langsung di lapangan tempat penelitian. Pada kalimat awal yang menjelaskan metode pengumpulan dan pengukuran data misalnya, penulis melakukanpenelitian dan menyertakan hasil dari penelitian tersebut. Dia juga menggunakan beberapa metode yang berbeda, sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi menurut saya, metode yang digunakan masih terlalu sedikit, karena hanya membuat dua metode saja, sehingga mash sulit dibandingkan.
Pembahasan yang terdapat pada Hasil Penelitian dan Pembahasan ini menurut saya masih belum sempurna. Dari kaidah penulisan yang seharusnya dicantumkan pada artikel ini. Karena pada artikel ini cara penjelasannya dicampur, tidak dijelaskan dengan menggunakan media tabel atau diagram yang memudahkan pembaca dalam mencerna isi dari artikel ini. Misalnya pada paragraf kedua, ketiga, keempat, sampai dengan paragraf terakhir itu dijelaskan dan ditulis dengan bentuk prosentase dan menggunakan media tabel. Bentuk analisi dan hasilnya ini yang memerlukan perhatian khusus supaya menghindari dari bentuk kesalahan. Tetapi isi pada pembahasan ini sudah cukup banyak. Menurut saya yang paling penting itu adalah pada topik ini karena merupakan inti dari penulisan artikel ini adalah hasil dari penelitiannya beserta dengan pembahasannya. Selanjutnya adalah bagian kesimpulan dan saran. Bagian ini saya rasa sudah benar karena kesimpulannya menjelaskan hasil dari penelitian secar ringkas yaitu, Adanya perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart pada dimensi keresponsifan, assurance, emphaty, tangible sedang pada dimensi kehandalan tidak ditemukan perbedaan yang segnifikan karena kedua Minimarket ini memiliki fasilitas yang hampir sama setelah diadakan penelitian dan faktor-faktor yang membedakan kepuasan konsumen minimarket Indomaret dengan alfamart adalah sebagai berikut: Fasilitas yang dimiliki di dalam memberikan pelayanan, penentuan lokasi dan pelayanan yang diberikan. Saran pun saya rasa cukup jelas karena telah mencantumkan kekurangan atas hasil penelitian. Bagian dari daftar pustaka ini saya rasa sudah tepat mengingat ini adlah sebuah artikel, maka yang didahilukan adalah nama terakhir penulis tersebut, tanggal, bulan, dan tahun, lalu judulnya, dan yang terkhir adalah kota. Saya rasa cukup sekian ulasan artikel ini menurut saya, apabila ada yang salah dari pendapat saya mohon dimaklumi.
0 komentar:
Posting Komentar